Rabu, 20 Juni 2012

Kenali Penyakit Anda


Waspadai Kolesterol Tinggi Lewat Kondisi Kaki

Banyak orang terlambat menyadari gangguan kolesterol. Mereka umumnya baru sadar setelah berada dalam kondisi parah yang tak jarang berujung fatal.
Kolesterol jenis high density lipoprotein (HDL)memang bermanfaat untuk pembentukan membran sel dan produksi hormon. Namun, jumlah kolesterol jahat, low density lipoprotein (LDL), yang berlebihan dapat memblok aliran darah menuju otak.
Peningkatan kadar kolesterol jahat juga bisa terjadi akibat peningkatan trigliserida, salah satu lemak dalam darah yang bisa merusak arteri. Selain stroke, tingginya kadar kolesterol jahat juga menjadi pemicu utama jantung koroner.
Mengontrol kadar kolesterol dalam darah menjadi penting untuk menjaga stabilitas kesehatan. Selain check-up medis secara rutin, jangan abaikan gejala awal yang mungkin terkesan tak genting, seperti nyeri di pergelangan kaki (klaudikasio intermiten).
Seperti dikutip Times of India, penelitian medis menunjukkan bahwa nyeri di pergelangan kaki bisa menjadi penanda awal tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah. Mengapa? Karena timbunan kolesterol jahat di sekitar tendon Achilles biasanya memunculkan rasa nyeri.
Jadi, jika pergelangan kaki Anda terasa sakit selama tiga hari atau lebih, jangan ragu pergi ke dokter untuk mengukur kadar kolesterol. Ini terutama jika anggota keluarga lain memiliki masalah kesehatan jantung.
Berikut sedikit panduan untuk membaca angka-angka mengenai kadar kolesterol dalam darah:

LDL  Baik: Kurang dari 130 mg/dl
Lebih baik: Kurang dari 100 mg/dl
Untuk mencapai batas normal?
Kurangi makan: Lemak jenuh, lemak trans, makanan berkolesterol tinggi.
Perbanyak makan: Lemak tak jenuh tunggal (avokad dan omega 3, seperti ikan).
Lakukan:  Penurunan  berat badan.

HDL  
Baik: 40 mg/dl atau lebih
Lebih baik: 60 mg/dl atau lebih
Untuk mencapai batas normal?
Kurangi makan: Karbohidrat dan gula serta hasil olahannya.
Perbanyak makan: Lemak tak jenuh tunggal (avokad dan omega 3, seperti ikan).
Lakukan: Olahraga, tidak merokok, serta turunkan berat badan.

TrigliceridaBaik: Kurang dari 150 mg/dl
Untuk mencapai batas normal?
Kurangi makan: Karbohidrat dan gula serta hasil olahannya, santan, minyak, dan makanan yang berlemak tinggi (kacang tanah).
Lakukan: Penurunan berat badan.

Bersepeda Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Banyak orang membicarakan tentang kolesterol. Tapi, apa sebenarnya kolesterol itu ?. Pada dasarnya semua manusia mengandung kolesterol. Karena kolesterol itu memang dibutuhkan tubuh. Yang berbeda adalah batas normal, rendah dan tingginya kadar kolesterol itu di dalam tubuh.

Kolesterol terangkum dalam ikatan lipoprotein yang dihasilkan oleh hati dan usus halus, tapi "bersemayam" di dalam darah. Lipoprotein itu sendiri berguna untuk berbagai proses metabolisme. Misalnya, selain sebagai bahan berbagai pembentuk dinding sel, dia juga dibutuhkan untuk membentuk vitamin D.  Bahan ini juga berperan dalam penyusunan hormon-hormon steroid, termasuk hormon seks dan kortikosteroid. Selain itu juga berfungsi dalam pembuatan asam empedu yang digunakan untuk mengemulsi lemak.

Kolesterol yang terangkum dalam ikatan lipoprotein tersebut terdiri atas chylomicronVLDL (very low density lipoprotein), LDL (low density lipoprotein) dan HDL (high density lipoprotein). Tinggi atau rendahnya kadar kolesterol memang bukanlah suatu penyakit, dan juga tidak dirasakan gejalanya. Tapi kalau kita kurang waspada, maka lipoprotein tadi bisa merusak, atau menyebabkan lemahnya dinding pembuluh darah (arteosklerosis). Jika hal ini berlangsung dalam waktu lama, maka bisa berisiko terkena penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke.

Risiko tinggi untuk mendapat PJK dan stroke erat berhubungan dengan kadar kolesterol tinggi. Khususnya mereka yang mempunyai faktor risiko lebih dari dua, yakni pengidap hipertensi, diabetes mellitus, perokok, obesitas, dan mereka yang mempunyai faktor bawaan. Mereka yang berada di kelompok berisiko tinggi ini harus memperhatikan atau memperbaiki pola hidup sehari-hari. Bagi mereka dianjurkan untuk diet rendah lemak, berolahraga cukup, menjaga berat badan seimbang, dan berhenti merokok.

Stroke karena kolestrol tinggi disebabkan oleh kelainan dinding nadi (ditandai dengan penebalan dan hilangnya elastisitas pembuluh otak (arterosklerosis). Kasus-kasus stroke yang lebih jarang ada yang disebabkan oleh aneorisma pembuluh darah (yang menyebabkan pembuluh mudah pecah), emboli, atau irama jantung tidak normal.

Bersepeda Salah satu aktivitas olahraga yang dapat menurunkan kolesterol adalah bersepeda. Karena pada dasarnya penurunan kolesterol membutuhkan aktivitas olahraga yang melibatkan gerakan otot-otot besar, paha, lengan atas, dan pinggul. Dalam kondisi kolesterol yang sangat tinggi, lakukan paling tidak tiga kali seminggu masing-masing 1 jam. Sepuluh sampai duapuluh menit pertama digunakan untuk pemanasan, dan 10 menit terakhir lakukan pendinginan dengan cara melakukan gerakan-gerakan ringan. Jangan bersepeda pada medan yang berat-berat dahulu. 

Selain itu lakukan bersepeda secara bertahap dan progresif. Setelah 30 menit menggowes, ukur detak nadi yakni 70% dari nadi maksimum. Yang sudah menginjak usia setengah baya ke atas, sebelum melaksanakan olahraga rutin hendaknya memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah dirinya mengidap penyakit degeneratif, seperti hipertensi, PJK, atau diabetes.

Bersepeda atau olahraga teratur saja belum cukup, tapi masih harus disertai diet rendah lemak. Dalam makanan ada 3 macam lemak yakni saturated (lemak jenuh), monounsaturated (lemak tak jenuh tunggal), dan polyunsaturated (lemak tak jenuh ganda). Makanan seperti kuning telur, jerohan, otak sapi mengandung minyak jenuh sehingga harus dihindari. Makanan laut seperti udang dan kepiting, yang mengandung minyak tak jenuh tunggal, masih boleh dikonsumsi meski dalam jumlah terbatas. Sedangkan ikan yang berasal dari laut dalam (tenggiri, tuna), yang mengandung minyak tak jenuh ganda dan Omega 3 hendaknya banyak dikonsumsi karena dapat membantu menaikkan HDL dan menurunkan LDL. 

Idealnya konsumsi makanan kita mengandung lemak di bawah 30%, karbohidrat 50-60%, dan protein 20%. Konsumsi makanan berkolesterol jangan sampai lebih dari 300 mg/hari. Bagi anda yang masih merokok sehabis bersepeda, maka segera hentikan juga kebiasaan ini, karena merokok dapat memicu penebalan atau penyempitan pembuluh darah. 

Dengan memperhatikan tips di atas, siapa tahu kadar kolesterol Anda akan terpelihara dengan lebih baik.

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Kita 



Tentang bahaya rokok pada umumnya saya rasa sudah banyak yang tahu, apalagi untuk orang yang tiap hari menghisaprokok , soalnya kan dalam setiap bungkusrokok terdapat tulisan tentang bahaya rokok , seperti ini. MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANGKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN .


Bahaya Rokok
Tapi anehnya meski pada bungkus atau kemasan rokok sudah tercantum tulisan tentang bahaya rokok yang sangat menakutkan, tetap saja banyak yang merokok.

Rokok mengandung lebih dari empat ribu zat-zat dan dua ribu diantaranya telah dinyatakan berdampak tidak baik untuk kesehatan kita, diantaranya adalah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahan-bahan yang digunakan di dalam cat (Acetone), pencuci lantai (ammonia), obat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di "kamar gas maut" bagi pelaku yang menjalani hukuman mati, serta masih banyak lagi.Dan zat pada rokok yang paling berbahaya adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung kurang lebih empat puluh tiga bahan yang menjadi penyebab kanker atau yang disebut dengan karsinogen. Nikotin memiliki zat dalam rokok yang dapat menyebabkan ketagihan, ini yang menyebabkan para pengguna rokok sulit sekali untuk berhenti me rokok . Nikotin merupakan zat pada rokok yang beresiko menyebabkan penyakit jantung, 25 persen dari para pengidap penyakit jantung disebabkan oleh kegiatan me Rokok


Berikut ini adalah bahaya rokok terhadap kesehatan kita 
rokok dapat menyebabkan Kanker pundi kencing, 
Kanker perut, 
Kanker usus dan rahim, 
Kanker mulut, 
Kanker Esofagus, 
Kanker tekak, 
Kanker pankrias, 
Kanker payudara, 
Kanker paru-paru, 
Penyakit saluran pernafasan kronik 
Strok, 
pengkroposan tulang atau yang dikenal dengan osteoporosis 
Penyakit jantung, 
Kemandulan, 
Putus haid awal, 
Melahirkan bayi yang cacat 
Keguguran bayi, 
Bronkitis, 
Batuk, 
Penyakit ulser peptik, 
Emfisima, 
Otot lemah, 
Penyakit gusi, 
Kerusakan mata 
Yang tersebut diatas adalah bahaya rokok bagi pe rokok aktif , apa itu perokok aktif? perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung menghisapnya rokok , sedangkan perokok pasif adalah orang yang tidak secara langsung menghisap rokok , tetapi menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang me rokok .


Struktur konten bahaya rokok
Di bawah ini merupakan bahaya asap rokok bagi perokok pasif . 
Meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung 
Masalah pernafasan termasuk pneumonia dan bronkitis 
Sakit atau pedih mata 
Bersin dan batuk-batuk 
Sakit tenggorokan 
Sakit kepala

Zat yang terkandung dalam asap rokok adalah:
2 kali lebih banyak nikotin 
5 kali lebih banyak karbon monoksida 
3 kali lebih banyak tar 
50 kali lebih zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan

Bahaya asap rokok terhadap ibu hamil dan janin yang dikandungnya
Keguguran janin 
Tumbesaran janin terencat - 30% lebih tinggi 
Kematian janin dalam kandungan 
Pendarahan dari uri (abruption placenta) 
Berat badan berkurang - 20 sampai 30%

Bahaya asap rokok terhadap bayi
Masalah dan penyakit pernafasan 
Mengganggu terhadap perkembangan kecerdasan 
Infeksi telinga 
Leukeamia 
Kanker otak 22% 
Cepat lelah 
Sindrom kematian secara mendadak



Tidak ada komentar:

Posting Komentar